pasang iklan
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Friday 28 October 2011

Rajin Olah Raga Bisa Meningkatkan Prestasi Belajar


Apa yang perlu di lakukan siswa agar prestasi belajarnya meningkat? Mungkin hampir semua akan menjawab: belajar lebih tekun atau lebi lama. Banyak membaca, menghapal dan berlatih menjawab soal. Tak terlintas untuk menambah agenda oleh raga di dalamnya.
Namun, sebuah penelitian oleh ilmuan dari Medical University of South Carolina Children’s Hospital berhasil menemukan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan siswa adalah dengan berolah raga. Menurut mereka olah raga tidak hanya membuat tubuh jadi lebih bugar, pikiran juga ikut segar sehingga mendukung proses belajar. Dengan berolah raga 5 kali sepekan, ternyata meningkatkan prestasi belajar siswa antara 55 hingga 65 persen. Hasil penelitian mereka telah di persentasikan dalam pertemuan tahunan Pediatric Academic Societies di Denver awal mei lalu.
Penelitian ini melibatkan siswa kelas 1 hingga kelas 6, para siswa ini di wajibkan mengikuti tambahan jam olah raga selama 40 menit/hari sebanyak 5 kali per pekan. Lebih banyak dari sebelumnya, yang hanya berolah raga sekali dalam sepekan dengan durasi 40 menit.
Mereka melakukan olah raga yang bisa di padukan dengna aktivitas belajar. Misalnya kelas  1-2 belajar berhitung dengan naik turun tangga yang di beri warna, sementara kelas 3-6 di ajak jogging di atas treadmill sambil membuka-buka materi pelajaran.
Sebelum dan sesudah eksperimen tersebut, ilmuan mengukur kemampuan siswa menerima pelajaran. Hasilnya setelah jam olah raga di tingkatkan menjadi 5 kali perpekan maka prestasi belajar meningkat antara 55 hingga 65,5 persen.
Ternyata, makin sering siswa melakukan aktivitas fisik, prestasi belajarnya juga akan meningkat. Dan cara yang lebih efisien adalah memadukan kegiatan fisik dengan proses belajar. Berolah raga sambil belajar. [Majalah. ar risalah hal 37 Vol. X No. 12 Jumadal Ukhro-Rajab 1432 H/Juni 2011]

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar; terimah kasih atas kunjungannya...

 

Area Backlink

Mau bertukar link? Masukan Link Blogku ke blog kamu Kemudian masukan nama/web dan url blog kamu pada kotak yang tersedia di bawah, lalu tekan enter. Active Search Results
Klik tanda SUKA pada Cahaya Islam, untuk mengetahui postingan terbaru blog ini dari facebookmu

Kunjungan Ke

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes