pasang iklan
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Friday 28 October 2011

Mengapa Bayi Susah Menyusu?


Meskipun proses alami terkadang menyusui menjadi lebih sulit daripada yang di bayangkan. Kenapa menyusui menjadi sulit bagi beberapa bayi? Beberapa hal  di ketahui menjadi penyebab sulitnya bagi bayi untuk menyusu pada ibunya, yaitu:
Kurangnya latihan
Bayi yang sehat sekalipun, bisa mengalami kesulitan saat menyusu, karena ia butuh posisi mulut tertentu agar bisa tepat masuk ke payudara dan mendapatkan ASI. Meskipun ada masalah pada bentuk puting susu atau kondisi fisik bayi, menyusu tetap bisa di lakukan asal di latih secara teratur dan sabar, karena proses ini memerlukan latihan agar bayi bisa mendapatkan ASI.
Pasokan susu yang berlebih
Sebagian besar perempuan memiliki pasokan susu yang cukup untuk bayinya, tapi bagi yang memilki pasokan susu berlebih bisa membuat bayi tersedak dan muntah yang membuatnya jadi tidak mau menyusu lagi. Cobalah untuk memompa susu sebelum menyusui agar sedikit mengosongkan payudara sehingga memudahkan bayi mengisap.
Masalah fisik
Beberapa bayi ada yang terlahir dengan masalah fisik seperti bibir sumbing, atau ada gangguan mulut yang membuatnya lebih sulit menyusu karena mulutnya tidak pas menempel di sekitar puting susu. Umumnya bayi tidak mengembangkan reflex mengisap-menelan-bernapas (yang sangat penting untuk menyusui) sampai mencapai usia kehamilan 32 minggu, karenanya bayi prematur sering mengalami kesulitan menyusu dan mengisap.
Bingung puting
Terlalu sering memberikan susu lewat botol bisa menyebabkan bayi mengalami bingung putting dan membuatnya enggan untuk menyusu ASI lagi, karena menyusu ASI melibatkan koordinasi otot yang lebih banyak di bandingkan susu botol. Karena itu hindari penggunaan botol meskipun yang di berikan adalah ASI perah, lebih baik berikan melalui gelas atau sendok. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan bayi mengisap seluruh puting dan aerola kedalam mulutmya. Jika perlu sesuaikan posisi ibu dengan kepala bayi, karena posisi menyusui yang tidak tepat akan menghambat suplai susu dan mungkin terasa sakit. [Majalah. ar risalah hal. 63 Vol. 10 No. 12 Jumadal Ukhro-Rajab 1432 H/Juni 2011]

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar; terimah kasih atas kunjungannya...

 

Area Backlink

Mau bertukar link? Masukan Link Blogku ke blog kamu Kemudian masukan nama/web dan url blog kamu pada kotak yang tersedia di bawah, lalu tekan enter. Active Search Results
Klik tanda SUKA pada Cahaya Islam, untuk mengetahui postingan terbaru blog ini dari facebookmu

Kunjungan Ke

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes