BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Minggu, 30 Oktober 2011

Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (Ati) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

A.   Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu faktor utama untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan walaupun hasilnya belum memenuhi harapan. Salah satu cerminan kualitas pendidikan di sekolah adalah hasil belajar yang dicapai oleh siswa di sekolah tersebut. Dengan demikian hasil belajar siswa pada mata pelajaran tertentu merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan.
Dalam peningkatan kualitas pendidikan, matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang pendidikan formal sangat memegang peranan penting. Menyadari pentingnya matematika sebagai salah satu penopang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka hasil belajar matematika di setiap jenjang pendidikan perlu mendapat perhatian serius. Upaya peningkatan hasil belajar tersebut sangat ditentukan oleh kualitas proses belajar yang dialami oleh siswa di setiap jenjang pendidikan.
Guru sebagai pelaku pendidikan dituntut seprofesional mungkin, utamanya dalam mengorganisasi dan memformulasikan model pembelajaran yang dinilai dapat meningkatkan motifasi dan minat belajar siswa yang tentunya berimplikasi langsung pada pencapaian hasil belajar siswa. Hal ini merupakan masalah yang cukup sulit yang dirasakan oleh guru. Kesulitan itu dikarenakan siswa  bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya tetapi mereka juga sebagai mahluk  sosial dengan latar belakang yang berbeda.
Sudah menjadi keyakinan semua orang bahwa masing–masing individu mempunyai karakteristik yang berbeda. Ungkapan tersebut juga berlaku dalam dunia pendidikan sebab menurut tinjauan psikologis setiap anak memiliki perbedaan satu dengan yang lain. Tak ada dua orang di dunia ini yang benar–benar sama dalam segala hal, sekalipun mereka kembar.
Adanya perbedaan individu tersebut memberikan implikasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan praktek pembelajaran di sekolah. Dari kenyataan yang ada di lapangan diketahui bahwa di antara siswa terdapat perbedaan individu, terutama perbedaan dalam kemampuan (aptitude) sehingga dijumpai di setiap kelas adanya kelompok siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
Untuk mengakomodasi dan mengapresiasi perbedaan individual siswa dalam pembelajaran dalam rangka mengoptimalkan prestasi akademik/hasil belajar maka seorang guru harus pandai–pandai memilih model pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran merupakan hal penting sebagai solusi dari masalah peningkatan hasil belajar.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh penulis dengan guru matematika SMP Negeri 2 Bontoramba Kab. Jeneponto diperoleh gambaran bahwa sebagian besar siswa kelas IX.2 SMP Negeri 2 Bontoramba Kab. Jeneponto kurang serius dalam belajar matematika, sehingga hasil belajarnya pun tergolong rendah. Menurut guru matematika SMP Negeri 2 Bontoramba nilai rata–rata ulangan harian siswa dibawah standar yang diharapkan yaitu dibawah dari 65 %. Peneliti dan guru menduga model pembelajaran yang digunakan selama ini belum efektif. Hal ini yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa, khusunya siswa kelas IX.2 SMP Negeri 2 Bontoramba Kab. Jeneponto. Oleh karena itu diperlukan suatu tindakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan diharapkan terjadinya peningkatan hasil belajar matematika.
Berdasarkan hasil uraian di atas, maka salah satu upaya yang dianggap dapat memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction sebagai salah satu model pembelajaran yang menangani individu tertentu sesuai dengan kemampuannya masing–masing. Untuk menyelidiki hal itu,  peneliti dan guru bersama–sama mencoba mengadakan suatu penelitian dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan judul “ Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX.2 SMP Negeri 2 Bontoramba Kab. Jeneponto ”....

Dwonload Skripsi Lengkapnya
 



0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar; terimah kasih sudah berkunjung ke blog kami...

 

Backlink

Mau bertukar link?! silahkan copy paste script dibawah ke blog anda, maka tampilannya akan seperti ini . Selanjutnya klik bannernya dari halaman blog anda, secara otomatis blog anda akan mendapatkan backlink dari blog ini... Atau masukan nama dan URL blog anda di kotak Mister Linky..

Kunjungan Ke

Klik tanda SUKA pada Cahaya Islam, untuk mengetahui postingan terbaru blog ini dari facebookmu
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes