pasang iklan
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Sunday 21 December 2014

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Mengintensifkan Scaffolding



Pembelajaran scaffolding merupakan praktik yang didasarkan pada konsep Vygostky tentang  assisted learning. Ini merupakan teknik pemberian dukungan belajar yang pada tahap awal diberikan secara lebih terstruktur, kemudian secara berjenjang menuntun siswa ke arah kemandirian belajar.
             Vygotsky yakin bahwa pembelajaran terjadi saat siswa bekerja atau  menangani tugas-tugas yang belum dipelajari namun tugas-tugas itu berada dalam jangkauan kemampuannya “Zone of Proximal Development(ZPD) mereka.
             Menurut Vygostky, setiap anak mempunyai apa yang disebut Zona Perkembangan Proksimal (Zone of Proksimal Development) yang didefenisikan sebagai "jarak" atau selisih  antara tingkat perkembangan si anak yang aktual (tingkat yang ditandai dengan kemampuan si anak untuk menyelesaikan soal-soal tertentu secara independent) dengan tingkat perkembangan potensial yang lebih tinggi yang bisa dicapai oleh si anak jika ia mendapat bimbingan/bantuan dari seseorang yang lebih dewasa atau lebih kompeten (Depdiknas, 2002).
             Vygostky berpendapat bahwa proses belajar akan terjadi secara efesien dan efektif apabila si anak belajar secara kooperatif dengan anak-anak lain dalam suasana lingkungan yang mendukung (supportive), dibawah bimbingan seseorang  yang lebih mampu atau lebih dewasa, misalnya seorang guru.    
             Bantuan atau support kepada seorang anak dari seseorang yang lebih dewasa atau lebih kompeten dengan maksud agar si anak mampu untuk mengerjakan tugas-tugas atau soal-soal yang lebih tinggi tingkat kerumitannya daripada tingkat perkembangan kognitif yang aktual dari anak yang bersangkutan disebut dengan dukungan dinamis atau scaffolding. Tugas guru adalah menyediakan atau mengatur lingkungan belajar siswa dan mengatur tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa serta memberikan dukungna dinamis (scaffolding), sehingga siswa dapat berkembang secara maksimal dalam zona perkembangan proksimal masing-masing.
             Konsep scaffolding berarti memberikan kepada siswa sejumlah besar bantuan selama tahap-tahap awal pembelajaran kemudian mengurangi bantuan tersebut dan memberikan kesempatan kepada anak tersebut mengambil alih tanggungjawab yang semakin besar segera setelah ia dapat melakukannya.
             Vygotsky menjabarkan implikasi utama teori pembelajarannya yaitu             1) Menghendaki setting kelas kooperatif, sehingga siswa dapat saling berinteraksi dan saling memunculkan strateg-strategi pemecahan masalah yang efektif dalam masing-masing Zone of Proximal Development  mereka; 2) Pendekatan Vygotsky dalam pembelajaran menekankan scaffolding. Jadi, teori belajar Vygotsky adalah salah satu teori belajar sosial sehingga sangat sesuai dengan model pembelajaran kooperatif  karena dalam model pembelajaran kooperatif terjadi interaktif sosial  yaitu interaksi antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru dalam usaha menemukan konsep-konsep dan pemecahan masalah.
             Tugas dalam zona perkembangan terdekat adalah tugas yang tidak dapat dilakukan sendiri oleh anak, tetapi dia akan membutuhkan bantuan dari teman sebaya atau orang dewasa. Tugas-tugas dalam zona ini belum dipelajari oleh seorang anak tetapi dapat dipelajari jika diberi waktu yang sesuai. Lebih jauh menurut Vygotsky fungsi mental yang tinggi dapat terjadi melalui percakapan dan kolaborasi. 
           Tujuan penggunaan strategi pembelajaran scaffolding adalah mendorong siswa menjadi siswa yang mandiri dan mengatur diri sendiri  (self-regulation), Henry (2002 :12). Begitu pengetahuan dan kompetensi belajar siswa meningkat, guru secara berangsur-angsur mengurangi pemberian dukungan. Jika siswa tidak mampu mencapai kemandirian, guru kembali ke sistem dukungan untuk membantu siswa memperoleh kemajuan sampai mereka mampu mencapai kemandirian.

Agara lebih jelas dwonload skripsi. "Meningkatkan Hasil Belajar  Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif  dengan Mengintensifkan Scaffolding"

Klik linknya




0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar; terimah kasih atas kunjungannya...

 

Area Backlink

Mau bertukar link? Masukan Link Blogku ke blog kamu Kemudian masukan nama/web dan url blog kamu pada kotak yang tersedia di bawah, lalu tekan enter. Active Search Results
Klik tanda SUKA pada Cahaya Islam, untuk mengetahui postingan terbaru blog ini dari facebookmu

Kunjungan Ke

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes