pasang iklan
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Friday 5 December 2014

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif



Realistic Mathematics Education (RME) adalah suatu pendekatan belajar matematika yang dikembangkan di Netherland (Belanda) pada tahun 1970 oleh Institut Frendenthal. Frendenthal (Hamzah, 2004:27) mengatakan bahwa matematika sebagai aktifitas manusia dan oleh karena itu matematika harus dihubungkan dengan realitas dalam kehidupan sehari-hari, berarti matematika harus dekat dengan siswa dan relevan dengan kehidupan nyata. Slavin (Sofa, 2008 : 6) menegaskan bahwa teori perkembangan Piaget mewakili konstruktivisme, yang memandang perkembangan kognitif sebagai suatu proses dimana anak secara aktif membangun sistem makna dan pemahaman realitas melalui pengalaman-pengalaman dan interaksi-interaksi mereka. Hal ini berarti bahwa anak-anak mengkonstruksi pengetahuan secara terus menerus dengan mengasimilasi dan mengakomodasi informasi-informasi baru. 
Belajar matematika merupakan suatu aktivitas yang pembelajarannya tidak harus dimulai dari bentuk matematika yang formal dengan menggunakan berbagai algoritma dan ketentuan melainkan konsep matematika harus dimunculkan berdasarkan realistik dan sesuai dengan pengetahuan prasyarat yang dimiliki siswa. Dathin (2004:5) matematika merupakan ilmu yang seyogyanya tidak diajarkan kepada siswa sebagai suatu hasil yang langsung jadi, tetapi matematika sebaiknya dipelajari siswa melalui penemuan terbilang yang dilakukan siswa dalam pembelajaran matematika realistik yaitu agar memberikan kesempatan yang leluasa kepada siswa untuk menemukan sendiri atau mengkonstruk konsep-konsep matematika dengan menyelesaikan sebagai masalah konseptual.

Untuk lebih jelas dwonload skripsinya "Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif"

Klik linknya

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar; terimah kasih atas kunjungannya...

 

Area Backlink

Mau bertukar link? Masukan Link Blogku ke blog kamu Kemudian masukan nama/web dan url blog kamu pada kotak yang tersedia di bawah, lalu tekan enter. Active Search Results
Klik tanda SUKA pada Cahaya Islam, untuk mengetahui postingan terbaru blog ini dari facebookmu

Kunjungan Ke

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes