pasang iklan
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Tuesday 28 April 2015

Keutamaan Ikhlas



Ikhlas artinya memurnikan tujuan bertaqarrub kepada Allah subhanahu wata’ala dari hal-hal yang mengotorinya. Ilhlas adalah menjadikan Allah subhanahu wata’ala sebagai satu-satunya tujuan dalam segala bentuk ketaatan atau mengabaikan pandangan makhluk dengan cara selalu berkonsentrasi kepada Al Khaliq.
Begitu pentingnya keutamaan ikhlas sehingga Allah memerintahkan ummat manusia untuk beribadah kepadaNya dengan ikhlas semata-mata mencari keridhaanNya. Allah subhanahu wata’ala berfirman:
Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus. (QS. Al Bayyinah: 5)
Berikut ini beberapa keutamaan ikhlas diantaranya:
1.      Ikhlas adalah syarat diterimanya amalan
Amalan yang dimaksudkan tentunya adalah amalan shaleh yang dikerjakan sesuai dengan sunnah Rasulullah salallahu’alaihi wasallam. Sebagaimana ketika Abu Umamah radhiallahu’anhu meriwayatkan bahwa telah datang seseorang menemui Rasulullah salallahhu’alaihi wasallam dan bertanya, “Bagaimana pendapatmu tentang seseorang yang berjihad untuk mendapatkan upah dan pujian? Apakah ia mendapatkan pahala? Maka Rasulullah menjawab, “Ia tidak mendapatkan apa-apa.” Orang tadi mengulangi pertanyaannya sampai tiga kali dan Rasulullah salallahu’alaihi wasallam tetap menjawab, “Ia tidak mendapatkan apa-apa.” Lalu Beliau bersabda: Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla tidak menerima suatu amalan kecuali jika dikerjakan murni karenaNya dan mengharapkan wajahnya. (HR. Abu Dawud dan Nasa’i dengan sannad yang jayyid).
Perhatikanlah hadits diatas, amalan sebesar apapun jika tidak didasari dengan keikhlasan kepada Allah ‘azza wajalla maka tidak akan diterima amalan tersebut dariNya. Oleh karena itu hendaknya kita membersihkan hati kita dari segala bentuk kotoran, sedkit ataupun banyak, besar ataupun kecil sehingga tujuan dari bertaqarrub benar-benar murni Karena Allah ‘azza wajalla.
Apabila suatu amalan telah dicampuri oleh harapan-harapan duniawi, yang disenangi oleh diri dan hati, sedikit ataupun banyak, maka kejernihan amalan itu telah tercemari dan hilang pulalah keikhlasannya. Maka perbaharuilah keikhlasan anda sebelum bertemu dengan Allah ‘azza wajalla dalam keadaan Allah ‘azza wajalla menggolongkan kita sebagai orang-orang yang merugi, sebagaimana Allah berfirman:
Katakanlah: "Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?"Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya. (QS. Al Kahfi: 103-104)
2.      Selamat dari godaan Syaitan
Orang yang ikhlas akan selamat dari godaan Syaitan hal di ucapkan oleh Iblis sendiri yaitu ketika Iblis di keluarkan dari Syurga, kemudian Iblis bersumpah kepada Allah bahwa dia akan menyesatkan semua anak cucu Adam disebabkan karena dengki dan dendam kepada Adam alaihissalam, namun iblis mengecualikan satu golongan yang tidak dapat disesatkannya yaitu hamba Allah yang iklhas kepad Allah. Hal ini ditunjukan oleh firman Allah dalam surat Shaad. Allah ‘azza wajalla berfirman: 
Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya,
kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis (ikhlas) di antara mereka. (QS. Shaad: 82-83)
Oleh karena itu orang yang ikhlas adalah orang yang akan selamat didunia dan selamat diakhirat. Maka diriwayatkan bahwa ada seorang shaleh berkata kepada dirinya, “Wahai diriku ikhlaslah, maka kamu akan selamat!”.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar; terimah kasih atas kunjungannya...

 

Area Backlink

Mau bertukar link? Masukan Link Blogku ke blog kamu Kemudian masukan nama/web dan url blog kamu pada kotak yang tersedia di bawah, lalu tekan enter. Active Search Results
Klik tanda SUKA pada Cahaya Islam, untuk mengetahui postingan terbaru blog ini dari facebookmu

Kunjungan Ke

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes