Istilah proyek diambil dari manual
arts (pekerjaan tangan), di mana siswa harus menyelesaikan suatu pekerjaan
tertentu. Yang pokok dalam metode proyek ialah “the active purpose of the
learner”. Siswa itu sendiri harus menerima proyek itu dan melaksanakannya.
Kalau siswa sedang membuat jembatan atas perintah guru, itu bukan suatu proyek.
Sebaliknya jika siswa membaca buku didorong oleh keinginan mencari atau
memahami sesuatu, itu termasuk proyek.
Menurut
Ahmadi dkk (1997: 70) mengemukakan bahwa metode proyek (unit) adalah suatu
metode mengajar dimana bahan pelajaran diorganisasikan sedemikian rupa sehingga
merupakan suatu keseluruhan atau kesatuan bulat yang bermakna dan mengandung
suatu pokok masalah.
Sedangkan
menurut Roestiyah (1994: 81) metode proyek berarti rencana, suatu problem atau
kesulitan, dan bentuk pengajaran dimana murid mengelola sendiri.
Berdasarkan
uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa metode proyek adalah suatu kegiatan
pembelajaran yang memadukan variasi konsep, keterampilan proses dasar,
identifikasi masalah dan teknik pemecahannya yang terintegrasi secara
terstruktur untuk mencari dan memahami sesuatu yang didorong oleh keinginan
untuk mencari jawaban dari suatu permasalahan.Untuk lebih jelas dwonload Skripsi lengkap: "Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Metode Proyek".
Klik link di Bawah
0 comments:
Post a Comment
Silahkan beri komentar; terimah kasih atas kunjungannya...