pasang iklan
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Saturday 22 November 2014

Kurang Tidur, Volume Otak Menyusut



Jika anda memiliki riwayat kurang tidur. Sebaiknya mulai saat memperhatikan waktu tidurnya. Penelitian menyebutkan, kurang tidur memilki dampak buruk bagi otak. Salah satunya dapat memicu volume otak menurun. Studi ini diterbitkan dalam jurnal medis Neurology, dari Amerika Academy of Neurology.
Dilansir Healthme Up, seiring berjalannya waktu semakin bertambahnya usia, maka jam tidur akan semakin berkurang. Tidur menjadi lebih lambat, dan bangun menjadi semakin cepat.
Peneliti Eropa melakukan penelitian melibatkan 147 dewasa antara usia 20 dan 84. Indikator penelitian adalah menganalisis hubungan antara gangguan tidur seperti insomnia dengan volume otak peserta.
Hasilnya, peserta ketika tidurnya terganggu, proses pemulihan dan perbaikan di otak akan terganggu dan menjadi kurang efektif. Hal ini menyebabkan tingkat penurunan volume otak yang lebih cepat.
Banyak penelitian telah menetapkan hubungan antara pentingnya tidur dan efeknya pada kesehatan otak. Kurang tidur juga dapat mempercepat timbulnya penyakit Alzheimer. Jika kurang tidur menyebabkan kehilangan memori, volume otak juga terpengaruh.
Selain itu, pola tidur yang buruk dapat menyebabkan efek yang merugikan pada sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, berat badan dan memori. Penelitian juga menunjukan bahwa kurang tidur menyebabkan protein menumpuk di otak yang dapat merusak sel-sel otak.
Penulis studi tersebut, Claire Sexton Universitas Oxford Inggris, mengatakan “Ada pengobatan yang efektif untuk masalah tidur, sehingga kebutuhan riset masa depan untuk menguji apakah meningkatkan kualitas tidur bisa memperlambat laju kehilangan cairan dari otak. Jika itu terjadi, meningkatkan kebiasaan tidur orang bisa menjadi cara yang penting untuk meningkatkan kesehatan otak .” [Fajar]

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar; terimah kasih atas kunjungannya...

 

Area Backlink

Mau bertukar link? Masukan Link Blogku ke blog kamu Kemudian masukan nama/web dan url blog kamu pada kotak yang tersedia di bawah, lalu tekan enter. Active Search Results
Klik tanda SUKA pada Cahaya Islam, untuk mengetahui postingan terbaru blog ini dari facebookmu

Kunjungan Ke

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes