pasang iklan
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Thursday 26 September 2013

Hukum Bagi Mereka yang Melakukan Perbuatan Kufur Karena Tidak Tahu



Apakah setiap orang yang melkukan perbuatan kufur atau syirik menjadi kafir? Apbila ia melakukannya karena bodoh, apakah dia mendapat dispensasi? Sebutkan dalilnya jika dia mendapat dispensasi atau tidak mendapatkannya.
Jawab: Tidak ada dispensasi bagi mukallaf yang melakukan peribadatan kepada selain Allah atau mempersembahkan sembelihan serta nazarnya kepada selain Allah, atau juga ibadah-ibadah lain yang merupakan hak khusus bagi Allah. Kecuali dia tidak tinggal di negri muslim dan tidak sampai kepadanya dakwah. Yang seperti ini adalah udzur (dispensasi) baginya karena tidak sampainya ilmu, bukan semata-mata kebodohan. Sebagaimana yang di riwayatkan oleh muslim dari Abu Hurairah dari Rasulullah salallahu’alaihi wasallam bersabda:
“Demi zat yang jiwa Muhammad ada di tanganNya, tidaklah seorang mendengar tentangku dari umat ini baik dari Yahudi maupun Nasrani, kemudian mati dan belum beriman dengan apa yang dengannya aku di utus, melainkan termasuk penghuni neraka.” (HR. Ahmad)
Jadi, tidak ada dispensasi bagi siapapun yang mendengarkannya. Barangsiapa yang hidup di negeri Islam dan telah mendengar tenatang Rasulullah salallahu’alaihi wasallam, tidak ada dispensasi dalam masalah ushul iman karena alasan bodoh.
Adapun sahabat yang meminta kepada Nabi salallahu’alaihi wasallam agar membuat untuk mereka dzatu anwath’ (pohon keramat) sebagai tempat menggantung senjata-senjata adalah sahabat yang baru saja meninggalkan kekafiran (baru masuk islam). Mereka baru dalam tahap meminta dan belum melakukannya, dan apa yang mereka minta adalah menyelisihi syariat. Nabi salallahu’alaihi wasallam telah menjawabnya dengan jawaban yang menunjukan bahwa jika seandainya mereka melakukannya niscaya mereka menjadi kafir.

[fatawa li al Lajnah ad Daimah II/51-52]

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar; terimah kasih atas kunjungannya...

 

Area Backlink

Mau bertukar link? Masukan Link Blogku ke blog kamu Kemudian masukan nama/web dan url blog kamu pada kotak yang tersedia di bawah, lalu tekan enter. Active Search Results
Klik tanda SUKA pada Cahaya Islam, untuk mengetahui postingan terbaru blog ini dari facebookmu

Kunjungan Ke

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes